Ternyata Santri, Lebih Baik dari 1100 Rakaat Shalat Setiap Hari

Jika kalian seorang santri, maka kalian harus bersyukur dan berbahagia, karena banyak keberkahan yang akan kalian dapatkan selama menjadi santri. Hanya saja kalian mungkin lupa dengan jati dirimu kalian, karena saat kalian sudah berlabel santri, maka selamanya akan menjadi santri, asalkan terus mengamalkan ilmu agama yang kamu dapatkan selama di pesantren. Itulah yang akan menjadi keberkahan kalian sampai nanti.

Santri adalah orang yang menuntut ilmu di pondok pesantren. Yang kesehariannya tiada lain kecuali mempelajari berbagai bidang disiplin ilmu agama, mulai dari yang dasar hingga yang tinggi, mulai dari nahwu, hadits, ushul hingga tafsir, serta Rakaat shalat.

Sebelum masuk waktu shubuh para santri sudah sibuk mempelajari ilmu, membaca dan menghafal Al-Qur’an, sholat-sholat sunnah, hingga malam kembali datang, dan waktu tidur (istirahat) yang menghentikan mereka sementara. Maka tidak heran bila dikatakan menjadi santri lebih baik daripada shalat raka’at 1100 kali setiap hari. Hal itu sesuai dengan hadits tetang orang yang menuntut ilmu, dan ini berlaku pula bagi siapapun yang menuntut ilmu.

Analogi tersbut tidaklah berlebihan diberikan kepada seorang santri, karena santri sejati adalah dia yang benar-benar melaksanakan semua perintah yang didapatnya di pesantren. Ia melakukan segala ibadah dengan hati yang khusyu’ dan ikhlas.

Dari Abu Dzar dawuh: Rasulullah saw bersabda padaku : Wahai Abu Dzar! Sungguh keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih bagus bagimu daripada shalat 100 rakaat. Dan keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu bab dari ilmu agama, diamalkan atau tidak, itu lebih baik bagimu dari shalat 1000 rakaat. (Sunan Ibnu Majah: 1 hal.254). Rakaat shalat.

Jika saat ini kalian sudah menjadi seorang santri, maka jadilah santri yang baik. Amalkan semua ilmu yang diajarkan di pesantren, karena ilmu yang diajarkan di pesantren selalu memberikan keberkahan sepanjang hidup. Meski kelak kamu akan lulus dari pesantren, tetap namanya santri pasti selamanya akan santri.

Masyarakatpun selalu menanti hadirnya santri di tengah-tengah mereka sebagai oase yang akan memberikan pencerahan dan ketentraman. Jangan pernah ragu menjadi santri, jangan pernah takut masuk pesantren. Karena banyak keberkahan yang akan kalian dapat di pesantren. Selain itu, ada banyak saudara dan cinta yang akan kalian dapatkan, gak percaya? Coba saja langsung masuk pesantren. Kalian akan tau bagaimana nikmatnya menjadi santri dan mondok di pesantren.

Editor: Kang Malik
Sumber: musmus.me

Post a Comment

0 Comments